Muhammad Aga
Advertorial

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Seorang Barista

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Seorang Barista – Terkadang kita merasa paling percaya diri ketika kondisi tubuh sedang dalam kedaan sehat. Merasa kalau berbagai penyakit yang sering diderita orang lain seperti mag tidak akan dialami. Namun kita juga sering lupa bahwa rutinitas harian yang menyibukkan serta gaya hidup yang tidak teratur juga bisa menjadi pintu masuk bagi sejumlah penyakit. Salah satunya sakit maag.

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi dari Seorang Barista

Meski ada banyak sekali solusi sakit maag yang ditawarkan, kita tetap harus menjaga kondisi tubuh agar penyakit satu ini tidak selalu kambuh, terutama pada saat yang tidak tepat. Menurut informasinya, Maag merupakan penyakit yang lumayan menduduki peringkat teratas di negeri ini.

Berdasarkan data yang diberikan oleh WHO, jumlah orang yang memiliki penyakit maag pada tahun 2012 mencapai hingga 40,8 persen. Angka yang terbilang besar dan tidak bisa dipandang sebelah mata, dan butuh perhatian serius.

Apalagi dari data tersebut diketahui banyak penderita maag berasal dari kalangan usia produktif (20-30 tahun). Maag juga masuk dalam 10 daftar penyakit terbanyak yang diderita pasien rawat inap di sejumlah rumah sakit yang ada di Indonesia.

Penyebab Sakit Maag

Ada beberapa faktor yang sering disebut-sebut sebagai penyebab seseorang kemudian dapat mengidap sakit maag. Dari segi kesehatan, kopi selalu dikategorikan sebagai minuman pemicu asam lambung yang cukup berisiko, terutama bagi mereka yang memiliki maag.

Minum kopi disebut terbukti merangsang produksi asam lambung. Maka dari itu, minum kopi, terutama ketika perut sedang dalam kondisi kosong, dapat berpotensi meningkatkan keasaman perut, yang kemudian menyebabkan perut mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari.

Baca juga:  Pesta Belanja Online Super Shopping Day 9.9, Catat Tanggalnya!

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memang dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam dan peradangan pada lambung. Kafein yang terdapat dalam kopi juga dapat membuat cincin otot kerongkongan rileks pada bagian bawah sehingga asam lambung dapat naik sampai ke kerongkongan.

Seperti yang dialami oleh orang yang terkena GERD (Refluks asam lambung), dada atau tenggorokan terasa panas dan terbakar (heartburn). Meski banyak pula yang menawarkan kopi dengan kafein rendah (dekafein), tetap tidak memberikan pengaruh yang baik pada peningkatan asam lambung.

Asam dari lambung bisa naik sampai ke kerongkongan. Akibatnya, dada atau tenggorokan terasa panas dan terbakar. Kondisi ini dinamakan heartburn. Meski begitu, bukan berarti penderita maag tidak bisa minum kopi. Memilih kopi dan minum obat maag yang aman adalah salah satu kuncinya.

Gaya Hidup Millennial Rawan Sakit Maag

Gaya hidup anak muda atau kaum millnial saat ini dikatakan sangat rawan terkena sakit maag. Apalagi kebanyakan dari mereka saat ini juga sangat senang mengonsumsi kopi. Chung Yang, seorang profesor terkemuka dan John L. Colaizzi selaku ahli farmasi mengatakan kalau generasi millennial mengonsumsi kopi lebih banyak daripada generasi lain, untuk meningkatkan produktifitas mereka.

Jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur, anak muda ini akan sangat mudah sekali terkena sakit maag, sehingga akan mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Terutama ketika gejala maag mulai menyerang.

Baca juga:  4 SEO Jasa SEO Pontianak Terbaik dan Terpercaya

Gejala Sakit Maag

Sakit maag yang disertai dengan gejala rasa panas di dalam dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan, adalah kasus sakit maag yang sering sekali terjadi dan dialami oleh penderita maag pada umumnya.

Bagi penderita sakit maag, gejala sakit ini biasanya akan lebih buruk jika dirinya juga mengalami stres. Selain itu, masuknya udara lewat mulut ketika mengonsumsi makanan juga dapat menyebabkan perut semakin kembung serta frekuensi sendawa meningkat.

Selain rasa nyeri pada perut bagian atas (antara pusar dan pada bagian bawah tulang dada), gejala sakit maag bisa berupa:

  • Rasa panas pada perut bagian atas
  • Mudah merasa kenyang ketika makan dan rasa kenyang berkepanjangan setelah makan
  • Mengalami rasa mual
  • Kembung pada perut bagian atas
  • Refluks (kembalinya makanan atau cairan dari lambung ke kerongkongan)
  • Sering bersendawa
  • Ada rasa ingin muntah
  • Nyeri ulu hati atau rasa panas dan nyeri di tengah dada (kadang-kadang terasa sampai punggung dan leher) yang muncul ketika atau setelah makan

Solusi Sakit Maag Bagi Pecinta Kopi

Pertanyaannya sekarang, bagaimana solusi bagi penikmat kopi yang juga memiliki maag? Atau pun mereka yang berprofesi sebagai Barista yang semestinya harus melakukan kalibrasi dan mencicipi kopi puluhan gelas jika terkena maag?

Lalu, bagaimana pula nasib bisnis kafe-kafe yang menjual kopi saat ini yang sedang tumbuh jika masyarakat kita banyak terkena maag?

Baca juga:  8 Kota Terindah di Korea Selatan yang Mesti Kamu Ketahui

Barista jawara kompetisi 1st Winner Indonesia Barista Championship (IBC) 2018, Muhammad Aga memiliki tips menikmati harinya sebagai seorang Barista sehingga dapat terus produktif menyeduh kopi untuk cangkir-cangkir ‘kehidupan’ penikmat kopi.

Sebab dari secangkir kopi juga bisa memberikan begitu banyak inspirasi, menghidupkan kebahagiaan dan membangun kehangatan dalam bersilaturahmi.

Dilihat dari cerita Aga, keseharian seorang Barista dalam proses penyajian kopi memiliki fakta menarik, setiap pagi seorang Barista harus melalukan kalibrasi mesin kopi sebelum kedai kopi dibuka. Saat pagi hari hal itu menjadi rutinitas.

Selain melakukan kalibrasi, Barista biasanya juga mencoba beberapa gelas kopi setiap harinya. Ini mungkin bukan hal yang sulit bagi seorang dengan kondisi tubuh yang sehat serta tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.

Namun bisa menjadi tantangan tersendiri bagi lambung apalagi minum kopi ketika belum sarapan. Itu juga membuat orang yang berprofesi sebagai Barista menjadi sangat rawan terkena sakit maag.

Hal ini disebabkan oleh kebiasaan pola makan yang kurang baik dan mengonsumsi makanan yang justru menyebabkan iritasi pada lambung, cemas, stress, rokok, dan sebagaiya.

Untuk itu, Promag yang dikenal sebagai ahlinya maag terus berupaya memberikan solusi sakit maag yang inovatif agar orang yang memiliki maag bisa menikmati harinya dengan indah, dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
WhatsApp Hubungi kami